Posted by : Unknown Kamis, 08 Januari 2015


Sumber:kompas.com
KOMPAS.com - Siapapun yang gemar beramal atau menjalankan kegiatan menjadi relawan pasti mengetahui rasanya membantu sesama. Namun para peneliti menemukan bukti manfaat yang lebih nyata dari beramal, yaitu dapat membantu mengurangi risiko orang berusia lanjut untuk mengalami tekanan darah tinggi.

Sebuah studi baru melibatkan lebih dari 1.100 dewasa yang berusia 51 hingga 91 tahun. Mereka diwawancarai mengenai kegiatan beramal dan pemeriksaan tekanan darah di tahun 2006 dan 2010. Mereka memiliki tekanan darah yang normal saat wawancara pertama.

Selanjutnya para peneliti menemukan bahwa para peserta yang menyatakan telah beramal untuk paling tidak 200 jam per tahun memiliki risiko tekanan darah tinggi 40 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Menurut studi yang dipublikasi dalam jurnal Psychology and Aging tersebut, kegiatan beramal yang dilakukan tidak spesifik terhadap kegiatan tertentu. Semua kegiatan yang berhubungan dengan beramal berpotensi dalam menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Para peneliti pun menyimpulkan kegiatan beramal dapat menjadi pilihan pengobatan gratis namun efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi diketahui merupakan faktor risiko dari banyak penyakit seperti penyakit jantung, ginjal, stroke, dan lain-lain.

Ketua studi Rodlescia Sneed mahasiswa doktoral psikologi di Carnegie Mellon University mengatakan, selama ini kita hanya mengetahui faktor gaya hidup negatif seperti pola makan buruk dan kurang olahraga dapat meningkatkan risiko hipertensi.

"Maka kami mencoba untuk menentukan apakah faktor gaya hidup positif seperti beramal dapat menurunkan risiko tersebut. Hasil temuan ini memberikan pilihan bagi mereka yang ingin tetap sehat di usia lanjut," papar Sneed.

Sneed pun melakukan penelitian terhadap orang berusia lanjut lantaran mereka memiliki kesempatan lebih sedikit untuk berinteraksi sosial. Maka kegiatan seperti beramal dapat memberikan mereka kesempatan lebih banyak untuk membangun koneksi sosial. Hal tersebut mampu memperbaiki kesehatan dan mengurangi risiko penyakit.
                                                                                                                                      

tuh kan, jadi bener kata pak ustadz, klo beramal itu dapat menjauhkan penyakit.

Jadi sering seringlah beramal, udah dapet pahala bisa nyegah penyakit lagi. سُبْحَانَ اللّه...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Visitor Counter

Like FP

Popular Post

Label

- Copyright © Chaching's Playground ^_^ -Robotic Notes 2- Powered by Blogger - Designed by Fahrizal Ahmad a.k.a Chaching -